Selasa, 20 April 2010

Ajang Kompilasi Musik Indie


Musik indie, yang mengutamakan kebebasan berekspresi dari jenis-jenis musik yang mainstream atau cenderung menjadi trend berkat kekuatan industri memang beragam. Tidak semua beraliran keras. Ragamnya musik indie disuguhkan oleh 12 finalis "LA Lights Indiefest" yang karya musiknya telah tergabung dalam album kompilasi yang beredar mulai pekan depan. Secar langsung, keragaman musik indie itu terlihat dalam showcase yang diselenggarakan di Cihampelas Walk pada Sabtu (10/20) sore dan malamnya di Gedung Asia Africa Cultural Center, Jl. Braga Bandung.

Vincent Vega membuka penampilan LA Lights Indiefest di AACC tepat pukul 20.15 WIB dengan lagu Shane. Penampilan Vincent Vega itu dilanjutkan dengan penampilan band indie papan atas yang sebelumnya sudah membuat album, yaitu Mocca.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan DRinos. Band indie asal Bekasi ini menyuguhkan musik degan irama khas tahun 70an. Mereka membawakan lagu diantaranya "Beri Waktu Seminggu". Lalu tampil Pollyester Embassy yang mengusung aliran musik hardcore. Tampil dengan musik yang banyak di warnai distorsi dan sound effect, Pollyester Embassy membawakan tiga buah lagu dari album mereka yang telah dilepas pada november 2005 lalu, "Tragicomedy."

Selanjutnya muncul Hollywood Nobody. Dengan musik gaya bossanova, mereka menampilkan lagu yang sudah dibuat video klipnya, "Kiss The Pain Away". Hollywood nobody merupakan satu-satunya band yang lagunya dibuatkan video klip pada ajang "LA Lights Indiefest" ini.

Acara yang cukup memperoleh sambutan penonton ini akhirnya ditutup dengan penampilan dari grup The SIGIT. Mereka menampilkan beberapa lagu dari album terakhir mereka "Visible Idea of Perfection". Secara keseluruhan, penampilan band-band indie mampu menyulut antusiasme penonton denga karya-karya mereka, terutama band-band indie papan atas. Namun sayangya, acara yang ditonton sekitar 400 penonton ini sedikit terganggu oleh kualitas sound yang menyebabkan sedikit gangguan teknis di atas panggung. Selain 400 orang yang menonton di dalam gedung AACC, acara ini juga ditonton melalui fasilitas big screen. sekitar 300 penonton cukup terhibur di luar gedung AACC.

Sementara itu pada show di Ciwalk sore harinya telah tamil Lovely Tea, Airport Radio, dan band lain yang ada di album kompilasi LA Lights Indiefest. Kedua belas band ini telah terpilih dari 1400an band yang diaudisi sejak Maret 2006 di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. audisi dari Bandung telah meloloskan enam Band yang karyanya masuk dalam album, yaitu C Cord, D Rinos, Pegawai Negeri, 70s Orgasm Club, Vincent Vega, dan Hollywood Nobody yang karyanya bertajuk "Kiss The Pain Away" telah dibuatkan videoklipnya.

Menurut Helvi Sjarifuddin, pemilik FastForward Records yang menangani sejak seleksi awal sampai pembuatan albumnya, masih ada video klip yang dibuat. Namun ia belum bisa menyebutkan band apa saja yang akan diproduksi videoklipnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar