Selasa, 20 April 2010

The Journey, Album Kompilasi UKM Musik UMY

YOGYA (KRjogja.com) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam waktu dekat akan segera merilis album terbarunya. Album yang telah digarap sejak tahun 2008 tersebut diberi judul The Journey, A Compilation Album Of UKM Musik UMY, dan akan dilaunching pada Januari 2010.

Tim Promosi dan Produksi Album The Journey, Elhuda mangungkapkan, tujuan awal dibuatnya album ini adalah untuk mendokumentasikan karya-karya anggota UKM Musik UMY. Sebab, dalam praktek kegiatan yang diadakan oleh UKM ini, seringkali banyak karya musik yang tidak
terdokumentasikan.

"Pada perkembangan selanjutnya, tujuan dirilisnya album ini juga sebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap banyaknya genre musik yang berkembang di kalangan pemusik indie. Ini sekaligus juga menegaskan keberagaman jenis musik yang kita miliki dan tak hanya berkutat pada aliran pop maupun Melayu," tuturnya di Yogyakarta, Senin (28/12).

Ia menerangkan, dalam album The Journey disajikan musik dengan berbagai aliran/genre. Mulai dari pop, rock, regge, alternatif, rock and roll, underground dan lain sebagainya. Lagu yang disuguhkan berjumlah 14 buah yang merupakan hasil karya dari 14 band mahasiswa UMY.

Keempatbelas band tersebut adalah Dream Society, Lain Dunia, Orkes Sehat Jiwa CRP, Devina, Cosca, Garis Tepi, In-Potent, Newskin, Orochi, Got Me Blind, Rasio, Doraemon Kills Hulk, De’Sister’s, dan Arul.

”Perlu diketahui pula, semua band dari UKM Musik UMY ini, mulai dari yang paling tua De’sister’s hingga yang termuda Doraemon Kills Hulk dan beberapa band lainnya sudah menjadi band yang terkenal di tataran band indie Yogyakarta,” ujarnya.

Huda menjelaskan, The Journey adalah album swadaya UKM Musik UMY. Dimana semua proses produksi mulai dari penciptaan dan pengumpulan materi lagu, recording, editing, hingga pembuatan cover semua dikerjakan secara mandiri.

"Recording kami kerjakan di studio UKM dan beberapa rumah kos anak-anak UKM. Dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada sekarang, kami cukup dipermudah dalam mengerjakan proses rekaman. Pengerjaan ide menjadi sebuah karya, penggarapan cover dan lain sebagainya juga kami lakukan sendiri," ungkapnya.

Mengenai target penjualan album, Huda mengaku bahwa Tim Produksi tidak menargetkan penjualan album yang tinggi. "Sesuai dengan tujuannya, album ini adalah sebagai bentuk dokumentasi atas karya-karya mahasiwa UMY dan apresiasi terhadap multi genre di dunia permusikan Indonesia. Sehingga kami nggak terlalu 'ngoyo' untuk jualan,” tandasnya. (Ran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar